2017/10/30

Dorong Sabang sebagai Pelabuhan Hub Wisata Bahari Internasional






Indonesia merupakan negara dengan kekayaan alam dan budaya yang sangat melimpah. Keindahaan alam di indonesia sangat menarik bagi para wisatawan baik wisatawan domestik maupun asing. Mulai dari tanah Jawa, Sumatra, Kalimantan, Pulau Bali, Sulawesi, Papua bahkan sampai pulau pulau kecil yang menyuguhkan pesona wisata alam dengan berbagai ciri khas yang melekat. Tidak di ragukan lagi daya tarik akan pesona wisata indonesia akan keindahanya.
Namun, kali ini kita akan membahas tentang suatu tempat atau objek wisata. Tempat tersebuat adalah “Sabang”.  Mungkin untuk yang belum tahu sabang “ Apa sih Sabang?” . Sabang ialah sebuah tempat yang menawarkan keindahan alamnya. Terus “ Dimana sih Sabang?”, Sabang atau  Kota Sabang merupakan salah satu kota di Aceh, Indonesia. Kota tersebut merupakan kota kepulauan yang berada  di seberang utara pulau Sumatera. Kota Sabang yang merupakan kota kepulauan memiliki pulau tersbesar yaitu Pulau Weh.
Saya tadi mengatakan Sabang tempat yang menawarkan keindahan alamnya, dan kalau kalian bertanya “Ada apa saja sih di Sabang?”, Katanya menawarkan ke indahan alam. Baik, saya jelaskan bahwasanya Saat ini Sabang menjelma menjadi salah satu destinasi wisata bahari Indonesia yang menawarkan surga bagi para penyelam. Terus, Wisata bahari itu yang gimana sih?. Wisata Bahari dapat diartikan sebagai sebuah wisata dimana tempat wisata tersebut didominasi perairan dan kelautan. Cukup sederhana bukan tentang wisata bahari.
Di Sabang ini kalian dapat menikmati alam bawah lautnya. Mungkin bagi kalian yang suka menyelam atau diving kalian tidak akan kecewa. Tentunya dengan menyelam kalian akan menemukan ratusan spesies ikan dan kekayaan terumbu karang alami dan benar benar alami yang bukan ditanam atau budidaya. Perairan di Sabang merupakan tempat bertemunya Samudera Hindia dan Selat Malaka. Pesona Sabang menawarkan keelokan garis pantai yang indah, air laut nan biru dan bersih serta pepohonan nan hijau.
Sail Sabang Sail indonesia
Sumber foto http://sailsabang2017.co.id

Apakah hanya wisata bahari saja yang ada? Bukan wisata bahari saja dapat kalian ditemukan di Sabang.  Kalian dapat jalan – jalan ke  Gunung, Danau, Pantai, Laut, serta Hutannya yang masih alami dan terjaga yang tak kalah indah untuk dikunjungi.  Belum lagi suasana bersama dengan masyarakat setempat akan memberikan pengalaman yang berkesan.
Perlu kalian ketahui di Sabang terdiri dari lima pulau besar dan kecil, yakni Pulau Weh sebagai pulau terbesar, Pulau Rubiah, Pulau Klah, Pulau Seulako, dan Pulau Rondo. Jumlah penduduknya sekitar 26.000 jiwa. Sabang terbagi ke dalam dua kecamatan dan 72 desa. Topografinya meliputi dataran rendah, tanah bergelombang, berbukit dan bergunung, serta batu-batuan di sepanjang pantai.
Apakah ada Suatu acara di sabang? Event, kompetisi, atau yang lainnya?. Terdapat event di sabang salah satunya acara besar yang kerap di lakukan setahun sekali yaitu Sail Sabang. Apa itu Sail Sabang? Sail Sabang merupakan rangkaian dari Sail Indonesia seri ke-9 yang diluncurkan pertama kali di Bunaken Manado tahun 2009. Sabang sendiri menjadi lokasi dari titik nol kilometer di ujung barat NKRI. Kepulauan ini membentang lebih dari 5.000 km dengan jarak sebanding dari Swedia ke Vladivostok.
Kalau anda bertanya Apa itu sail ? Kalau diartikan sail memiliki beberapa makna yaitu layar, berlayar, kapal layar. Di Indonesia  Sail Indonesia adalah turnamen reli yacht tahunan yang berangkat dari kota Darwin, Australia pada bulan Juli setiap tahun dan diikuti oleh program tiga bulan yang terkait dengan tujuan wisata di seluruh Indonesia. Sail Indonesia sebagai acara berbasis web dan reli dipromosikan dan dikelola menggunakan internet dan email saja
“Kapan acara Sail Sabang dilaksanakan?” Sail Sabang tahun 2017 akan berlangsung pada tanggal 28 November -- 5 Desember  2017 di Teluk Sabang dan Gapang Resort dengan mengusung tema "Sabang Menuju Gerbang Destinasi Wisata Bahari Dunia".  Direncanakan puncak acara Sail Sabang 2017 ini akan diselenggarakan pada 2 Desember 2017 di Sabang Fair, Kota Sabang, Aceh, dengan menampilkan berbagai atraksi seperti flying pass dan kompetisi deep dive di kedalaman lebih dari 50 meter. Bagaimana? Apakah Kalian Tertarik? Berikut merupakan cuplikan video Sail Sabang yang bersumber dari youtube

Berita yang baik lagi adalah selain acara Sail Sabang, akan ada pula Sabang Wonderful Expo dan Marine Expo yang akan digelar bersamaan dengan Sabang Expo. Acara tersebut akan menampilkan aneka festival seni dan budaya khas Aceh, kejuaraan parasut, lomba aerobatik internasional, dan kompetisi selam.
Bagaimana sih kalau saya mau ke Sabang? Untuk Sekarang ini sudah tersedia tiga penerbangan mingguan dari Medan ke Bandara Sabang atau Anda bisa pergi menggunakan Feri cepat dari Banda Aceh pukul 09.30 dan 16.00 dan kembali dari Sabang (Pulau Weh) pukul 08.30 dan 14.30. Biaya perjalanan berkisar Rp 80.000,- hinggan Rp 95.000,- per orang dengan lama perjalanan satu jam.
Ada pula feri ekonomi seharga Rp 25.000,0 per orang dengan waktu tempuh 2,5 jam. Jadwalnya dari Banda Aceh dan Pulau Weh pada pukul 08.00 dan 14.00. Terkadang waktu keberangkatan dan kedatangan berubah jadi perlu konfirmasikan jadwal dengan pihak berwenang setempat di Banda Aceh atau Pulau Weh.
Dari cerita saya yang panjang lebar diatas. Apakah kalian bisa menyimpulkan, atau kira kira apasih yang bisa menjadi manfaat dengan adanya sektor pariwisata yang menjanjikan. Sabang dalam 5 tahun terakhir ini 2012 sampai 2016 wisatawan mancanegara yang mengunjungi Sabang. Kedatangan turis asing tahun 2012 (4.622), 2013 (4.648), 2014 (3.624), 2015 (5.582), 2016 (7.111). Sedangkan kedatangan wisatawan nusantara ke kota Sabang selama 5 tahun terakhir adalah: Tahun 2012 (212.165), 2013 (401.224), 2014 (512.992), 2015 (623.635), 2016 (724.923).
Data ini saya kutip dari halaman https://www.kompasiana.com yang merupakan hasil olahan dari data Departemen Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut kantor Administrator Pelabuhan Sabang. Total wisatawan asing dan mancanegara yang datang ke kota Sabang sepanjang tahun 2016 adalah kurang lebih sebanyak 723.034 orang. 
Dari jumlah penumpang yang naik kapal laut maka setiap akhir pekan diambil data untuk wisatawan asing sebesar 60 persen dan total penumpang dan wisatawan nusantara sebesar 40 persen. Sedangkan di hari biasa sebaliknya wisatawan asing sebesar 40 persen dan wisatawan nusantara sebesar 60 persen. 
Disepanjang tahun 2016  wisatawan nusantara yang datang ke Sabang terbanyak terdapat pada bulan November yang mencapai angka (86.132), Juli (74.528), Oktober (71.384) serta Agustus (70.655). Sedangkan wisatawan mancanegara yang datang ke Sabang terbanyak di bulan April (2.164), Januari (2.091), Februari (698), Maret (686). 
Sail Sabang Sail Indonesia
Sumber Foto http://sailsabang2017.co.id

Dengan data yang seperti itu sangat memungkingkan menjadikan Sabang sebagai Pelabuhan Hub Wisata Bahari Internasional. Melihat dari tempat destinasi wisata yang bermacam – macam. Mulai dari laut sampai gunung. Pengunjung dari mancanegara yang setiap tahun lebih cenderung mengalami peningkatan.  Pada tahun terakhir atau 2016 dengan total wisatawan asing dan mancanegara yang mencapai 723.034 orang. Sabang sangat Patut di jadikan sebagai salah satu destinasi wisata yang perlu di tingkatkan di dalam negeri maupun di luar negeri.
Menjadikan Sabang sebagai Pelabuhan Hub Wisata Bahari Internasioanl sangat mendukung Sabang sendiri untuk menjadi tempat wisata yang lebih dikenal di dunia. Sabang berpotensi menjadi favorit Wisata Bahari oleh para pecinta wisata bahari di seluruh dunia.





Previous Post
First

0 komentar:

Silahkan Bebas berkomentar diblogsaya :D
Saya harap komentar anda bermanfaat dan mengunakan
kata- kata yang baik.
Komentar spam langsung dihapus.